Tipe Pembicara Publik

5 Tipe Pembicara Public

Tipe Penghindar. Tipe seperti ini adalah saat diminta untuk menjadi pembicara dalam acara. Mereka akan menolak dan mencari berbagai alasan untuk tidak menghadiri acara, memang diantara pembicara public tidak sedikit yang melakukan akan hal itu dikarenakan factor kurangnya kepercayaan diri, rasa takut, grogi untuk tampil di depan public. Apakah anda yang demikian….?

Akan tetapi sebenarnya kalau kita menyadari bahwa kita semuanya mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang pembicara public yang hebat manakala kita mau melatih akan hal itu, dan mencoba untuk membiasakannya maka kita akan terbiasa juga, cobalah berlatih untuk memberanikan diri anda berusaha tampil didepan, kalau anda terus menghindar maka anda tidak bisa membuktikan kepada diri anda sendiri bahwa anda bukan seorang pemberani.

panicTipe Panic: Tipe pembicara publik seperti ini bukan lagi menolak untuk tampil di depan public akan tetapi ketika dia berani tampil di depan dia merasa salah tingkah, bingung dan panik, dan kondisi seperti itu tampil di depan public sangatlah tidak bagus, bisa-bisa menghancurkan pidatonya dia sendiri karena biasanya orang yang sudah panic hilang konsentrasi, tidak bisa berfikir secara jernih dan tidak fokus terhadap apa yang dia bicarakan. Jadi saran saya ketika anda tampil didepan public memang harus anda siapkan materi maupun cara penyampaian anda dan tetaplah tenang. karena dengan ketenangan akan bisa menolong diri anda dalam berpidato di depan Public.

Tipe pencari : untuk tipe pembicara publik jenis ini sudah lebih baik karena untuk tipe pencari ini sudah mempersiapkan konsep yang matang dan juga selalu menghargai setiap kesempatan yang diberikan untuk tampil hadapan public. dan biasanya tipe pencari adalah tipe dalam proses berkembang jadi dia terus mencari cara mengupayakan dalam membangun kemampuan, terus berlatih, dan berusaha tampil maksimal walaupun bahan/konsep pidatonya juga belum matang dan pada kenyataannya sebenarnya dia belum paham akan hal yang dia bicarakan.

Tipe Berkualitas: Tipe ini biasa untuk mereka yang sudah terbiasa berbicara didepan public dan pidatonya dari isi pidatonya bisa dikatakan mengandung isi yang berbobot atau berkualitas

Tipe Pakar/Mahir: untuk tipe ini pembicara publik biasanya bagi mereka yang sudah pakar atau karena dia bicara sesuai dengan keahliannya, sehingga yang dibicarakan adalah hal yang sesuai dengan bidang profesinya pasti juga akan lebih confident mereka dalam penyampainnya, karena yang dibicarakan adalah sebuah konsep materi yang mereka telah kuasai sebelumnya.
contohnya: seorang Dokter yang menyampaikan pidato tentang masalah kesehatan dan penyakit..ya pastinyakan lebih bisa diterima dalam penyampainnya, karena dijelaskan secara detailnya, dan karena mereka ahli di bidang tersebut.

PS: Semua orang punya kemampuan berbicara, akan tatapi berbicara bukan hanya untuk dipelajari akan tetapi harus di praktikkan.

Salam Sukses,

 

Wahyudi

 

Incoming search terms:

  • Ceramah Basa kawi
tulisemail

Dapatkan content dan Bonus-bonus Mingguan terbaru secara GRATIS..!!

Silahkan anda isikan Nama dan alamat email anda melalui form dibawah ini:

Selamat anda telah berhasil menyelesaikan proses subscribe, silahkan cek inbox anda.