Pesan Lagu Bengawan Solo

Belajar filosofi dari karya Sang Maestro

Gesang-bengawan solo
Kita tentunya Ingat dan hafal lirik lagu Bengawan Solo , akan tetapi jarang sekali dari kita berusaha untuk memahami akan pesan lagu bengawan solo tersebut oleh karenanya saya akan berbagi kepada anda semuanya tentang itu, apa dibalik pesan lagu yang disampaikan beliau Almarhum  Gesang Martodihardjo..? masa lalu adalah sejarah, masa kini adalah kenyataan dan masa depan adalah sebuah misteri. masa lalu menjadi sejarah dan kita bisa belajar dari sejarah supaya kita menjadi lebih baik. Masa sekarang adalah kenyaataan yang harus kita perjuangkan karena apa yang kita perjuangkan saat ini adalah untuk menjadi lebih baik dimasa depan. Dan masa depan masih menjadi sebuah misteri yang menjadi sebuah ketentuan dari TUHAN. Oleh karena itu dalam hal ini marilah kita belajar bersama dari sebuah sejarah kehidupan. Pada kesepatan ini kita akan belajar dari seorang Gesang Martodihardjo sang Maestro dari sebuah karyanya yaitu Lagu bengawan solo.  Tapi sebelumnya kalo anda ingat akan syairnya, untuk mengingatkan kita kembali kepada hasil temuan karyanya yang sangat terkenal maka saya tuliskan ulang lirik lagu Bengawan Solo di dalam blog ini.

Lirik lagu bengawan solo:

Bengawan solo riwayatmu kini
Sedari dulu jadi perhatian insan
Musim kemarau tak seberapa airmu
Di musim hujan air meluap sampah jauh

Mata airmu dari solo
Terkurung gunung seribu
Air mengalir sampai jauh
Akhirnya ke laut

Itu perahu riwayatnya dulu
Kaum pedagang selalu naik itu perahu

Didalam Gambaran lirik lagu tersebut biarpun beliau belum menghitung berapa banyak sumber air Bengawan Solo, akan tetapi beliau berkata dari “Gunung Seribu”. Dan digambarkan ketika musim kemarau hampir tidak ada airnya “Tak seberapa airmu”. Sedangkan di musim penghujan bisa meluap atau menyebabkan banjir, Dan banjir yang airnya bisa menerjang apa saja yang dilewatinya “Meluap Sampai Jauh” Dan ketika kita melihat aliran air dari dataran tinggi, kita bisa lihat bahwa mengalirnya air sungai bengawan solo berbelok-belok (tidak selalu lurus). Itulah gambaran hidup manusia maka pesan lagu bengawan solo yaitu kita harus Eling lan Waspodo

Kalo kita cocokkan dengan gending tembang  jawa Sekar Pocung: Gesang (Urip / hidup)

URIP Adalah:
U “= Upayane Kanthi laku
R “= Rela lan Legowo
I“= Ikhlas lahir lan bathin
P “= Panyuwunan marang Gusti akaryo Jagad
Kesimpulan pesan lagu bengawan solo Adalah kita sebagai Manusia yang hidup didunia Suami, dalam menjalani/mempertahankan kelangsungan hidup haruslah dengan bekerja, rela dan logowo menerima ujian/cobaan hidup, Ikhlas lahir dan batin dalam  penerimaan (Bersyukur) dan tidak lupa senantiasa berdoa kepada Tuhan YME dalam segala hal. Berserah diri menyerahkan kepada Tuhan YME akan segala hasil yang telah kita kerjakan. Kita hanya bisa menjalani dan Tuhan YME yang paling menentukan.
Pesan Lagu Bengawan Solo

Incoming search terms:

  • makna lagu bengawan solo
  • kesan/pesan yang tersirat dalam lagu bengawan solo
  • arti lagu bengawan solo
  • makna dari lagu bengawan solo
  • makna bengawan solo
  • terjemahan lagu bengawan solo
  • terjemahkan lagu bengawan solo
  • isi lagu bengawan solo
  • makna atau pesan yg terkandung dlm lagu bengawan solo
  • fungsi lagu bengawan solo
tulisemail

Dapatkan content dan Bonus-bonus Mingguan terbaru secara GRATIS..!!

Silahkan anda isikan Nama dan alamat email anda melalui form dibawah ini:

Selamat anda telah berhasil menyelesaikan proses subscribe, silahkan cek inbox anda.