Jaman Edan Ronggo Warsito

jaman-edanKalau kita bicara perkembangan Jaman seringkali kita melupakan akan peradapan zaman dahulu (sejarah) karena dalam benak kita berfikirnya zaman identik dengan periode tahun. Karena kita berada pada zaman sekarang jadi teramat sangat jarang bagi kita untuk mempelajari sejarah akan karya dari Ranggo warsita. Kita tentunya tahu siapa Rangga Warsito? oleh karenanya saya tuliskan ulang kutipan karangan Ronggo warsito tentang jaman edan.

Hamenangi jaman edan, ewuh haya ing pambudi
Jantraning jasad wus pinasthi
Ubenging cakra Manggilingan
Garising lelakon bakal tumibo
Sapa leno bakal binanda
Sapa lali bakal keli
Jasad mung isine hangkara
Kang hingoyak mung hanumpuk bandha
Datan eling Purwa-Madya-Wasana.
Kabeh padha ngaku bener, sejatine keblinger
Wong jujur kojor, wong lugu kepalu
Wong ngaku alim, nanging pulasan.
Jagad anyar bakal ginelar
Tekane jaman kasucian
Tekane Pengadilan Gusti.
Mula parayogo den eling lan Waspodo
Sabar narimo, Welas asih marang sapadha-padha.

Mungkin hal aneh bagi kita sesuatu hal yang belum terjadi tapi kenapa beliau sudah bisa memberikan perumpamaan (bahsa sanepo). Itulah yang membedakan jaman dahulu dengan jaman sekarang, apa yang membedakan? yang membedakannya adalah tingkat kepasrahan dengan sang pencipta.
Jaman dahulu semua kanthi sarono prihatin demi mendekatkan kepada sang pencipta, karena tidak ada kebahagiaan batin, ketentraman dan kedamaian kecuali dekat dengan sang pencipta. Dikatakan oleh Ronggo warsito bahwa akan datang suatu jaman dimana ciri-cirinya tentang jaman edan seperti yang sudah saya tuliskan diatas.

Dimana orang  saling menjatuhkan, banyak kejahatan, semua hanya demi dan untuk harta, semua orang ngaku paling benar padahal semua salah, ngakunya alim tapi tipuan seperti jaman sekarang ini. Dan suatu saat nanti akan ada jaman yang baru yaitu jaman yang suci ketika sang pencipta yang akan mengadili, ketika hukum sudah tidak berlaku karena sudah tidak ada keadilan didalamnya sehingga hanya hukuman dari Tuhan yang nanti akan mengadilinya. Oleh karenanya kita manusia haruslah senantiasa ingat dan waspada, sabar dan ikhlas dan saling asih, asih dan asuh terhadap sesama.

Incoming search terms:

  • jaman edan
  • kabar kata jawa aiki jaman edan n
  • pidato zaman edan
  • yang menciptakan kata jaman edan bahasa jawa
tulisemail

Dapatkan content dan Bonus-bonus Mingguan terbaru secara GRATIS..!!

Silahkan anda isikan Nama dan alamat email anda melalui form dibawah ini:

Selamat anda telah berhasil menyelesaikan proses subscribe, silahkan cek inbox anda.