Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Takut

Menghilangkan rasa takut dengan cara mudah

ketakutanKetika kita berbicara di depan umum pasti seringkali kita merasakan takut, gelisah dan kacau dll. Karena saya sendiri juga mengalami hal yang sama ketika pertama kali saya pada waktu itu ketika waktu SD saya ikut salam sebuah lomba berpidato berbahasa indonesia, ketika itu lombanya adalah listening/ mendengarkan sebuah cerita dari seorang pencerita yang sudah direkam, kemudian pada saat lomba rekaman itu diperdengarkan kepada para peserta lomba, setelah para peserta lomba mendengarkan dengan seksama mereka kemudian disuruh untuk menceritakan kembali dalam gaya bahasa mereka dan dengan kemampuan bercerita mereka sendiri.

Pada saat itu saya berkeringat, suara saya terdengar gemetar, sama sekali saya tidak berani menatap audience yang berada di depan saya, saya berpikir bagaimana caranya menghilangkan rasa takut tersebut? sempat juga saya menganggap diri saya adalah orang yang takut berbicara didepan umum, tetapi kemudian diusia dewasa seiring dengan bertambahnya usia dan pengetahuan, saya mulai mencari dan terus belajar referensi tentang menjadi seorang pembicara yang baik. Dan pastinya hal ini anda juga pernah donk mengalaminya.

saya pernah baca sebuah buku dari Dele carnegie dalam kutipannya mengatakan : ” Lakukan apa yang Anda takut untuk melakukannya. Bila Anda takut berbicara di depan Khalayak, cobalah menghilangkan rasa takut dengan berbicara di depan mereka.”

Rasa takut menjadi hambatan bagi orang yang ingin menjadi publik speaking. baik itu menjadi seorang MC, orator, pembicara publik ataupun penyiar radio. Rasa takut adalah hal yang wajar yang pernah dialami siapa saja, bahkan orang yang sudah profesionalpun pasti pernah mengalami rasa takut. Karena ketakutan adalah reaksi spontan dari luar dan dalam diri yang dialami seseorang untuk menghasilkan hal yang maksimal, dengan adanya rasa takut pasti kita akan lebih menuntut diri kita lebih kreatif dan aktif dalam mengerjakan sesuatu karena kita takut kalo hasilnya kurang maksimal, jadi rasa takut kadang berdampak positif juga bagi diri kita.

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan cara menghilangkan rasa takut ataupun cemas pada saat berbicara di depan umum:

  • Memotivasi diri sendiri bahwa Kita┬áPasti Bisa ucapkan itu berulang kali ketika anda merasakan kecemasan ataupun takut. karena kata itu akan memicu anda menjadi yakin kepada diri anda sendiri dan menghilangkan pikiran negatif pada diri anda.
  • Bersikap tenang, ketika kita mengalami kecemasan coba pejamkan mata anda, tarik nafas pelan-pelan, buat teratur kembali detak jantung anda, buat diri anda rilexs dan anda akan kembali fokus pada apa yang akan anda kerjakan.
tulisemail

Dapatkan content dan Bonus-bonus Mingguan terbaru secara GRATIS..!!

Silahkan anda isikan Nama dan alamat email anda melalui form dibawah ini:

Selamat anda telah berhasil menyelesaikan proses subscribe, silahkan cek inbox anda.